Home
news
Peranan Ilmu Biologi Untuk Mendukung Pembangunan di Pemkab Aceh Jaya

Peranan Ilmu Biologi Untuk Mendukung Pembangunan di Pemkab Aceh Jaya


Rabu, 2023-05-31 - 23:55:10 WIB

Aceh Jaya, 30 Mei 2023. Pj. Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, mengapresiasi Universitas Syiah Kuala (USK) atas upayanya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengabdian masyarakat di Kabupaten Aceh Jaya yang pada acara peran ilmu biologi dalam mendukung pembangunan pemda Aceh Jaya. Dalam pidatonya, ia mengakui peran penting dosen-dosen dalam memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ilmu biologi kepada masyarakat dan berkontribusi dalam pembangunan daerah. Dr. Nurdin merasa gembira dengan kehadiran dosen-dosen dari Universitas Syiah Kuala dan menganggapnya sebagai berkah bagi Kabupaten Aceh Jaya.

Dalam konteks ini, Dr. Nurdin menyatakan bahwa Kabupaten Aceh Jaya merupakan super mall biodiversity memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Gunung, hutan, dan laut adalah hal yang umum di Aceh Jaya, sehingga Kabupaten Aceh Jaya menjadi lokasi yang tepat untuk melakukan penelitian dan kajian di bidang biologi. Dr. Nurdin mengapresiasi inisiatif Jurusan Biologi FMIPA USK dalam memperkuat pendidikan dan pengabdian masyarakat di bidang biologi. Ia juga menyatakan bahwa kedatangan para dosen dari USK adalah langkah positif untuk memperkuat hubungan antara universitas dan daerah.

Ketua Jurusan Biologi FMIPA USK, Dr. Ir. Dahlan, S.Hut., M.Si., IPU, menjelaskan bahwa Aceh Jaya bukanlah hal yang asing bagi universitas tersebut. Contohnya, Jurusan Biologi sering membawa mahasiswa ke daerah Lamno dalam kegiatan praktikum lapangan. Dahlan mengungkapkan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat untuk memperkuat kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya dengan Universitas Syiah Kuala, bukan hanya dalam bidang biologi, tetapi juga di semua jurusan yang ada di FMIPA USK.

Selain itu, Koordinator Program Studi Magister Biologi FMIPA USK, Dr. Ir. Wira Dharma, S.Si, M.P, M.Si, menekankan bahwa ilmu biologi tidak hanya berkaitan dengan sel, tetapi juga melibatkan penerapan ilmu biologi dalam pembangunan berwawasan lingkungan yang didasarkan pada sumber daya alam.

Dr. Nurdin, Pj. Bupati, berharap kehadiran dosen-dosen baru ini akan membantu memperkuat sektor pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia di Kabupaten Aceh Jaya. Ia juga menekankan pentingnya menjaga kerjasama yang baik antara Universitas Syiah Kuala dan pemerintah daerah untuk mencapai tujuan bersama.

Universitas Syiah Kuala dan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya berkomitmen untuk menjalin kerjasama erat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan membangun masyarakat yang lebih baik di daerah tersebut. Keduanya menyadari pentingnya kolaborasi berkelanjutan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan dan menghadapi tantangan lingkungan yang kompleks.

Harapannya adalah kerjasama ini akan menghasilkan inisiatif-inisiatif inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Aceh Jaya. Diharapkan pengabdian Jurusan Biologi FMIPA USK di Pemda Aceh Jaya menjadi langkah awal yang berarti dalam memperkuat pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang biologi.


Share Berita


Komentari Berita